Pemerintah Provinsi Jawa Barat, berhasil meraih Juara Pertama dalam Coastal Award Kategori Pemerintah Daerah. Penghargaan diberikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan pada Gubernur Jawa Barat yang diiwakili oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, Ir. Hermansyah, M.Si pada tanggal 9 September 2021 di Jakarta.

Pemberian penghargaan dilakukan oleh Wakil Gubenur DKI Jakarta didampingi oleh Plt. Dirjen PRL-KKP pada acara Coastal Leaders Forum dan Coastal Award. Penghargaan dilaksanakan saat acara puncak Konferensi Nasional (KONAS) X Pesisir, Laut, dan Pulau-pulau Kecil dengan Tema “Mewujudkan Pesisir, Laut, dan Pulau-pulau Kecil sebagai Penghela Blue Economy untuk Kesejahteraan Masyarakat melalui Tata Kelola Terukur”.

Coastal Award merupakan penghargaan pada pemerintah daerah yang berhasil mengelola wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil dengan didukung oleh Peraturan Daerah melalui Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau kecil (RZWP3K).

Dalam Sambutannya Menteri Kelautan dan Perikanan menyatakan “Mengelola laut secara terukur dan terencana membutuhkan sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan akademisi didasarkan pada Blue Economy yang berprinsip pada keseimbangan ekologi dan ekonomi”.

Wilayah pesisir, laut dan pulau-pulau kecil Provinsi Jawa Barat memiliki potensi sumberdaya kelautan dan perikanan yang sangat besar. Pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan yang seimbang dengan memperhatikan ekologi dan ekonomi diharapkan mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah Jawa Barat.

Ayo jaga laut kita, agar sehat dan lestari.