Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam ikan, yaitu asam lemak omega-3 DHA dan EPA. Selain itu, ikan juga memiliki sedikit lemak jenuh, protein yang tinggi, vitamin D, kalsium, yodium, dan berbagai nutrisi penting yang sayang untuk Anda lewatkan. Tidak heran manfaat makan ikan sangat baik untuk kesehatan mata dan perkembangan otak.

Manfaat makan ikan, Ikan juga menjadi pilihan nutrisi yang baik untuk ibu hamil, karena manfaat makan ikan dapat membantu perkembangan janin dan menciptakan kehamilan yang sehat. Walaupun saat ini suplemen asam lemak omega-3 sudah banyak dijual bebas, tapi sebaiknya Anda memperolehnya langsung dari makan ikan.

Berikut manfaat makan ikan yang perlu Anda tahu:
• Menurunkan risiko serangan jantung dan stroke
• Baik untuk perkembangan otak dan mata
• Meningkatkan kesehatan otak
• Mencegah dan mengatasi depresi
• Memenuhi kebutuhan asupan vitamin D
• Mengurangi risiko penyakit autoimun
• Mencegah asma pada anak
• Melindungi mata dari penurunan fungsi karena penuaan
• Meningkatkan kualitas tidur
• Mengurangi risiko lahir prematur pada ibu hamil

Walaupun manfaat dari mengonsumsi ikan sangat banyak, Anda perlu teliti saat memilih jenis ikan untuk dikonsumsi. Hindari mengonsumsi ikan yang memiliki kadar merkuri tinggi, seperti ikan hiu, ikan todak, tuna, kakap dan makarel.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) percaya makan ikan bisa meningkatkan imunitas tubuh untuk mencegah penyakit COVID-19. Untuk itu dia meminta masyarakat diberikan bantuan makanan ikan.

Kepala BNPB Doni Monardo menyampaikan hasil rapat terbatas dengan Jokowi dan para menteri tentang Laporan Tim Gugus Tugas COVID-19. Salah satu pesan Jokowi dalam rapat itu menginstruksikan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo untuk membagikan ikan kepada masyarakat di daerah.

“Bapak Presiden menekankan kepada Menteri KKP untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang ada di berbagai daerah dalam rangka meningkatkan imunitas tubuh salah satu adalah dengan makan ikan yang sehat,” tuturnya melalui konferensi virtual.
Jokowi percaya kandungan yang terdapat dalam ikan bisa meningkatkan imunitas tubuh. Dengan begitu membantu mencegah penularan COVID-19.

Selain itu, Jokowi juga berpesan untuk menenangkan pikiran, istirahat yang cukup dan melakukan olahraga untuk membantu mencegah tertularnya COVID-19.

“Makan makanan ikan yang sehat dapat meningkatkan imunitas tubuh. Makanan bergizi bantu daya tahan tubuh terhadap COVID-19, tapi juga juga hati yang gembira, tenang, tidak panik, istirahat cukup dan olahraga teratur,” tutupnya.