Cirebon, Kamis (28/1/2021)

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat Bapak Ir. Hermansyah, M.Si. melaksanakan kunjungan kerja ke Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengawasan Sunberdaya Kelautan dan Perikanan Wilayah Utara (PSDKPWU), Bapak Kepala Dinas mendengarkan paparan yang disampaikan oleh Plt. Kepala UPTD PSDKPWU bahwa dalam melaksanakan tupoksi berkenaan dengan tugas pengawasan senantiasa bersinergi dengan Instansi lain baik intansi internal DKP Jabar seperti UPTD PPMPP juga dengan Polair Polda Jabar dan Satwas SDKP Dirjen PSDKP KKP.

Disampaikan juga kepada Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat mengenai sarana dan prasarana yang dimiliki oleh UPTD PSDKP WU yang masih kurang memadai sebagai daya dukung dalam menunjang kegiatan pengawasan yang mempunyai mobilisasi yang sangat tinggi.

Setelah mendengarkan paparan tersebut Kepala Dinas memberikan arahan sebagai berikut:

  1. Seyogyanya dalam melaksanakan tugas yang diemban oleh seluruh ASN maupun THL sesuai dengan tupoksinya di UPTD PSDKPWU harus merasa nyaman dan senang dulu, karena dengan perasaan nyaman dan senang tentunya hasil pekerjaan yang telah dilaksanakan dapat tercapai optimal.
  2. Untuk menempati jabatan sebagai penunjang tupoksi ditekankan harus sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki dari ASN maupun THL di UPTD PSDKPWU agar semangat dan hasil kerja dapat memberikan yang terbaik.
  3. Seorang ASN harus berdedikasi, jujur dan mempunyai loyalitas yang tinggi dimanapun ditugaskan. Hal ini perlu dimiliki oleh semua ASN sehingga program-program kerja yang sudah direncanakan dapat dengan mudah dicapai.
  4. Sebagai UPTD yang lebih banyak kegiatan teknis, seperti kegiatan pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan, tentunya diperlukan tim yang solid agar dalam menjalankan tupoksi pengawasan dapat saling bersinergi dan saling mengisi.
  5. Diinformasikan bahwa di anggaran tahun 2021 ada pengadaan kapal dari Dinas Keluatan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat untuk kegiatan pengawasan yang akan dilimpahkan ke UPTD PSDKPWU sebagai penunjang kegiatan pengawasan. Untuk itu dengan adanya pelimpahan kapal pengawas dapat menunjang kinerja khususnya dikegiatan pengawasan UPTD PSDKPWU dapat meningkat.
  6. Untuk jabatan Eselon 3 sebagai kepala UPTD PSDKPWU yang devinitif sudah diusulkan. Diharapkan dari lingkungan internal (Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat) sehingga dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya tentunya akan lebih efektif.
  7. Keberhasilan UPTD yang ada di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat dalam mencapai target yang telah ditetapkan tentunya akan lebih mudah untuk mendapatkan anggaran yang diajukan. Karena keberhasilan di UPTD salah satu penilaian adalah tercapainya program/rencana yang telah ditetapkan.
  8. Untuk sarana gedung dan bangunan yang ada di UPTD PSDKPWU yang sudah rusak agar diajukan anggaran untuk dilakukan renovasi/perbaikan.
  9. Dalam melaksanakan kegiatan pengawasan harus ada inovasi sebagai terobosan yang baru guna memberikan nilai plus dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan.
  10. Sebagai penutup acara rapat pembinaan pegawai dan kunjungan lapangan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan menghimbau untuk selalu mengedepankan 3M yakni Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak, juga dilarang berkerumun guna memutus penyebaran covid-19 yang sampai sekarang belum menunjukan penurunan malah justru cenderung naik.