Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat melalui Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan (PSDKPWS), melaksanakan kolaborasi kegiatan Pembersihan Eceng Gondok dan Pemulihan Waduk Cirata di Wilayah Zona III Cianjur bersama Komandan Sektor 12 Kolonel CZI Suyatrinu Wardedi bersama Asisten Bidang Ekonomi dan pembangunan Setda Cianjur, Budi Rahayu Thoyib, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Cianjur, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Cianjur, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cianjur, Camat Mande, Camat Ciranjang, Camat Cikalongkulon, Pimpinan PJB UP Cirata, Ketua Kelompok Petani Pelangi Utami dan Ketua Kelompok Petani Keramba Jaring Apung Cianjur. Sebanyak 15 hektare hamparan eceng gondok di genangan Cirata yang masuk ke wilayah Cianjur dibersihkan petugas gabungan dari beberapa unsur baik pemerintah maupun masyarakat. Eceng Gondok yang tumbuh Selain mengganggu aktivitas warga, baik pembudidaya KJA, pedangang dan juga nakhoda perahu mesin, juga sangat berdampak pada perkembangan ikan karena oksigen terlarut berkurang dan adanya sedimentasi.

Kualitas air juga akan memengaruhi pembangkit listrik di Waduk Cirata, tentunya turbin pengendali air pun nantinya akan terhambat. Jadi, berharap semua elemen masyarakat agar ikut andil dan terus sama-sama berupaya untuk mengendalikan eceng gondok tersebut, ucap Dansektor 12 Waduk Cirata.

Di tempat yang sama, Asisten daerah Bidang Ekonomi dan Pemerintahan Kabupaten Cianjur, Budi Rahayu Toyib, mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan bersih-bersih gulma eceng gondok yang saat ini sudah mencapai kurang lebih 300 hektare yang ada di genangan Waduk Cirata. Kegiatan bersih-bersih eceng ini tentunya akan dilakukan secara berkelanjutan dengan harapan peredaran eceng gondok ini bisa teratasi. Kalau dibiarkan, tentunya akan sangat berdampak pada perkembangan ikan bagi para pembudi daya ikan di Keramba Jaring Apung.