Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa barat Ir. Hermansyah, M.Si., Rabu (13/10), memberikan arahan sekaligus pembuka Kegiatan yang diinisiasi oleh Bidang Pilahsar Dr. Erlina D, S.Pt., M.T., yaitu Forum Industri Pengolahan Ikan Skala Menengah Besar Di BIJB Kertajati Majalengka, yang diikuti oleh 70 peserta perwakilan Direksi Industri Pengolahan Ikan Skala Menengah Besar Se Jawa Barat.

Kegiatan tersebut disambut oleh Muhammad Singgih (Dirut BIJB), dan dihadiri oleh Pembina Mutu terdaftar Provinsi Jawa Barat, Kepala SKIPM Cirebon – Obing Hobir As’Ari, Pejabat Perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Majalengka.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatangan Surat Pernyataan dukungan pemanfaatan integrasi logistik produk kelautan dan perikanan melalui pemanfaatan Bandarudara Internasional Jawa Barat, Kertajati Majalengka.

Penandatanganan tersebut diwakili oleh Didit Tri Prastyo, Direktur Operasional PT Citradimensi Arthali serta Ferly Kurnia Santoso, Factory Manager PT. Pahala Bahari Nusantara sebagai perwakilan dari Industri Pengolahan Ikan Skala Menengah Besar dan Muhammad Singgih, sebagai Direktur Utama BIJB yang disaksikan oleh Bapak Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, @hermansyahmanap.

Pada kesempatan tersebut, peserta diberi kesempatan mendapatkan wawasan baru dari 3 narasumber yang sangat berkompeten, yaitu mengenai Penanganan Cold Chain Produk Kelautan dan Perikanan Terstandarisasi Selama Proses Distribusi, yg disampaikan oleh Prayudi Budi Utomo, dari @ditjenpdspkp, Management Supply Chain, yang disampaikan oleh Setijadi, dari Supply Chain Indonesia, dan Penanganan Logistik di Bandar Udara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB) yang disampaikan oleh Agus Sugeng Widodo, dari PT. BIJB.

Para peserta juga diajak berkunjung ke terminal Cargo BIJB, untuk dapat melihat kesiapan BIJB sebagai sarana logistic industri pengolahan ikan skala menengah besar.

Kegiatan ini bertujuan memperluas networking Indutri Perikanan dan Kelautan Jawa Barat. Sehingga terjadi peningkatan produksi perikanan yang memenuhi standar jaminan kesehatan ikan, mutu, dan keamanan pangan.

Diharapkan industri pengolahan hasil perikanan dan kelautan dapat berkontribusi dalam pengembangan investasi di jawa barat. Melalui proses logistik terpadu yang terstandarisasi melalui penerbangan di bandarudara bijb kertajati majalengka.