10 September 2020

Provinsi jawa barat merupakan salah satu sentra penghasil garam terbesar nasional. Dari 27 kabupaten/kota,lebih dr 5 kabupaten potensial penghasil garam, salah satunya dibagian utara adalah kab cirebon dan kab indramayu.
Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi jawa barat melalui Bidang Kelautan berupaya mendukung produksi garam dengan pengadaan rumah tunnel sebanyak 83 unit yang tersebar di 9 kelompok petambak garam di 6 kecamatan di kabupaten cirebon dan Kabupaten Indramayu.

Menurut Ir. Endang Haris, M. M. selaku Kepala Bidang Kelautan sekaligus PLT Kepala Dinas Kelautan Provinsi Jawa Barat “Rumah tunnel garam sebagai solusi produksi garam berkualitas dan dapat memproduksi garam sepanjang tahun”

Produksi garam sepanjang tahun dengan kualitas garam yang sesuai dengan standar garam pangan dan garam industri sehingga dapat bersaing dengan garam import, dengan kualitas tersebut diharapkan dapat menaikan harga jual garam lokal sehingga nilai ekonomi petambak garam dapat meningkat.

Dinas Kelautan dan perikanan provinsi Jawa Barat siap mendukung program pemerintah pusat dalam pengembangan strategis sentra garam rakyat (SeGar) dengan konsep pengembangan kawasan usaha garam hulu-hilir dan multi-level, dari level desa, kabupaten, provinsi hingga level pusat. Program SEGAR pada umumnya bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi garam rakyat, menguatkan tata kelola dan kelembagaan masyarakat serta mengembangkan pasar dan nilai tambah garam rakyat.