Apel Pagi dilaksanakan di Halaman Kantor dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat dengan tetap menjaga social distancing dan menerapkan protokol kesehatan. Apel pagi ini juga dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting

Apel pagi dibuka oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Bapak Ir. H. Jafar Ismail, MM yang pada tanggal 12 Juni 2020 sudah pindah tugas dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat menjadi Kepala Dinas di Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat. Beliau berpesan bahwa setiap Masa ada pemimpinnya dan setiap pemimpin ada masanya. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat terhitung saat pelantikan tanggal 12 Juni 2020 Kepala Dinasnya adalah Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si. Bapak Ir. H. Jafar Ismail, MM. dalam apel juga memperkenalkan Bapak kepala Dinas yang baru Bapak Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si, Dalam kesempatan ini, Bapak Ir. H. Jafar ismail, MM. juga menjelaskan tentang filosofi ikan, ikan itu halal ketika hidup dan ketika mati juga halal, hidup di air asin tidak terbawa asin, dan ikan tidak terbawa arus ke arah yang jelek. Belajar dari filosofi ikan yaitu Mesti Maju dan Pantang Menyerah. Karena secara lahiriah ikan selalu berenang maju apapun kondisinya dan ia tak pernah sekali-kali mundur. Itu artinya ia mewarisi sikap pantang menyerah dan pantang berputus asa.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, Bapak Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si. menjelaskan bahwa beliau sudah pernah bertemu dengan bapak Ir. H. Jafar Ismail, MM. sejak tahun 1996. Beliau meminta bimbingan dari Bapak Ir. H. Jafar Ismail, MM. dan dukungan dari para pejabat administrator, pejabat pengawas serta pegawai lainnya. Bapak Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si. selama menjadi ASN sudah 12 kali berpindah tempat tugas. Pengalaman beliau yang begitu banyak di berbagai tempat semoga menjadikan Dinas kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat ini semakin berjaya. Dalam arahannya beliau berkata bahwa pekerjaan adalah ibadah kepada Allah SWT yang harus kita laksanakan tanpa menjadi beban, seperti halnya kita sholat 5 waktu. Dikantor ini kita harus tetap berjaya dengan kinerja yang baik, karena kinerja yang baik suatu lembaga itu tergantung dari orang – orang yang berada di dalamnya.